Via Email : lib@uajy.ac.id
Via DM : @libraryuajy
Via WA : +62 856-0027-5150
Layanan peminjaman dan pengembalian koleksi tersistem dan berbasis RFID. Layanan sirkulasi perpustakaan pusat dilengkapi dengan peminjaman mandiri berbasis RFID baik untuk layanan peminjaman mandiri /self loan service dan layanan pengembalian mandiri / book drop (letak layanan pengembalian mandiri /book drop di luar sisi selatan perpustakaan)
A. PROSEDUR PEMINJAMAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN
1. Peminjaman mandiri berbasis RFID
Pemustaka menuju e-kiosk untuk melakukan layanan dengan cara :
- Sentuh layar untuk memulai
- Silahkan pilih opsi “borrow item”
- silahkan scan kartu mahasiswa seperti yang ditunjukkan
- Masukkan password 6 digit yaitu tanggal-bulan-tahun lahir (format “ddmmyy”)
- Letakkan buku ditempatnya
- Tekan exit with receipt
2. Peminjaman melalui petugas :
- Pemustaka membawa dan meletakkan koleksi yang akan dipinjam di meja peminjaman dengan disertai KTM (Kartu anggota perpustakaan)
- Petugas melakukan proses peminjaman koleksi
- Petugas membubuhkan cap tanggal kembali
3. Peminjaman buku by request
- Pemustaka buka web siquest.uajy.ac.id
- Pemustaka login menggunakan situs kuliah
- Pemustaka mencari buku yang akan dipinjam, masukkan kedalam keranjang tekan pesan
- Buku akan diproses petugas dan mengkonfirmasi buku yang akan dipinjam melalui email
- Informasi mengenani pengembalian dan pengiriman buku akan dihubungi melalui whatsapp
- Buku akan dikirim melalui kurir dan biaya ditanggung oleh pemustaka
B. PROSEDUR PENGEMBALIAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN
1. Pengembalian mandiri :
Pemustaka menuju pengembalian mandiri (di luar perpustakaan sebelah selatan) dengan melakukan layanan pengembalian mandiri :
- Dekatkan buku yang akan dikembalikan
- Tunggu lampu warna hijau (ready) buka pintu
- Masukkan semua buku yang akan dikembalikan
- Tunggu receipt/bukti pengembalian keluar
- Proses pengembalian buku selesai.
- Apabila ada denda akan tersimpan dan bisa dibayarkan di loket sirkulasi dengan petugas
2. Pengembalian melalui petugas :
- Pemustaka menyerahkan koleksi yang akan dikembalikan beserta KTM (Kartu anggota perpustakaan) kepada petugas.
- Petugas memproses pengembalian koleksi
- Petugas mengecek apabila pemustaka mengembalikan koleksi terlambat dikenai sanksi denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
3. Pengembalian melalui pos/paket
- Pemustaka mengirimkan buku ke alamat Perpustakaan Pusat Jl. Babarsari 5-6 Yogyakarta
- Alamat pengirim ditulis dengan jelas disertai nama, NPM
Informasi rujukan kepada pemustaka. Petugas referensi akan membantu pemustaka menemukan informasi rujukan secara cepat
Penelusuran catalog (Online Public Access Catalogue) melalui catalog.lib.uajy.ac.id, penelusuran jurnal dan repositori melalui web perpustakaan: http://lib.uajy.ac.id/e-library. Semua informasi yang dimiliki perpustakaan UAJY dapat diakses dengan mudah di setiap unit layanan
Jasa tentang tata cara memanfaatkan fasilitas perpustakaan kepada pemustaka.
Layanan pelatihan untuk mengakses sumber-sumber informasi. Pelatihan dilakukan secara berjenjang : 1. Pelatihan Literasi informasi dasar : Akses e-journal, akses sumber-sumber informasi 2. Pelatihan Literasi informasi lanjut : Evaluasi sumber-sumber informasi, etika 3. Pelatihan pengecekan similarity
Turnitin merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengecek tingkat similarity (kesamaan) teks dengan sumber - sumber yang ada di internet. Cek turnitin dapat dilakukan dengan datang langsung ke petugas bagian referensi perpustakaan atau dapat melalui email lib@uajy.ac.id
Layanan pelatihan untuk memanfaatkan pendukung pembelajaran (mendeley, endnote dll)
Layanan peminjaman buku berbasis mobile yang dapat diakses baik melalui android maupun iphone. Mahasiswa aktif dapat memanfaatkan fasilitas i-pustaka dengan mendaftarkan diri di bagian referensi (lantai Basement) supaya dapat mengaktifkan layanan ini. E-book dan majalah dapat dipinjam selama 7 hari, sedangkan koran dapat dipinjam selama 4 jam dan otomatis dikembalikan apabila waktu peminjaman sudah habis. Jumlah peminjaman maksimal 4 buku/koran/majalah
Layanan fotokopi disediakan bagi pemustaka baik dari intern maupun ekstern yang akan memfotokopi koleksi di perpustakaan, dengan ketentuan yang berlaku di perpustakaan. Juga layanan scan dan print bagi pemustaka yang membutuhkan
Perpustakaan Pusat Babarsari menyediakan 40 unit komputer yang dapat diakses oleh civitas akademika UAJY. Ruang komputer tersebut berada di Basement
Layanan untuk penelusuran sumber informasi di Perpustakaan UAJY, e-Text, Reference Manager, Plagiarm dan Similarity. Layanan dilakukan di R. Diskusi lantai 3 ruang digital library juga melalui daring
Layanan ini dapat digunakan 24 jam, letak layanan pengembalian mandiri /book drop service di luar sisi selatan perpustakaan. Pengembalian buku, dapat langsung menuju pengembalian mandiri kemudian lakukan proses pengembalian secara mandiri. Petunjuk : dekatkan buku yang akan dikembalikan pada alat -- buka pintu alat -- masukkan buku yang akan dikembalikan seluruhnya -- tunggu receipt/bukti pengembalian keluar (proses pengembalian buku mandiri telah selesai). Apabila ada denda, akan masuk dikesanggupan denda dan untuk proses pembayaran denda dilakukan melalui petugas
Perpustakaan UAJY terus beradaptasi dengan Era Kebiasaan Baru dalam skema layanan yg terangkum dalam file berikut
Perpustakaan Atma Jaya Yogyakarta memberikan kesempatan kepada pengunjung diluar Civitas Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk dapat berkunjung ke perpustakaan. layanan tersebut dapat dinikmati dengan mengikuti prosedur sebagai berikut
1. Menunjukan Kartu Identitas (KTM, KTP, SIM atau Kartu Pegawai) kepada petugas perpustakaan
2. Mengisi form Pendaftaran Pengunjung Luar UAJY atau Anda dapat scan QR code yang tersedia di loket perpustakaan untuk menuju link pendaftaran
3. Terdapat 2 jenis keangotaan yang dapat Anda pilih dengan masing - masing syarat sebagai berikut :
Kunjungan Harian
Anggota 6 Bulan
4. Melakukan pembayaran biaya administrasi
5. Jam kunjung pengunjung luar UAJY pukul 08.00 - 15.00 WIB
6. Pengunjung hanya boleh membaca buku ditempat (tidak boleh dipinjam)